Contoh laporan bencana Alam

PENDAHULUAN…

LAPORAN GEMPA BUMI DI PADANG


v Waktu
Kunjungan tersebut dilaksanakan pada tanggal 23 agustus 2011.

v Tempat
    - Padang

v Tujuan
a. Menambah wawasan dan pengetahuan para siswa.
b. Mengetahui sejauh mana kemampuan siswa untuk melakukan kegiatan diluar sekolah secara berkelompok yaitu dengan membuat Laporan dalam bentuk karya tulis.
c. Sumber laporan tertulis yang merupakan salah satu syarat mengikuti ujian praktek

v Pelaksana kegiatan/kelompok
Ø Ronal pradana
Ø Yacub inaldi
Ø Aldo febi setiwan
Ø Arif nugroho
          Riki anggara

PELAKSANAAN KEGIATAN…

A.v Latar Belakang
Kegiatan kunjungan ini merupakan sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang bencana alam  dan juga bertujuan untuk menghilangkan kejenuhan, sebagai pengajaran diluar kelas. Dengan kegiatan ini siswa dapat mengembangkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk melatih siswa agar dapat menyimpulkan apa yang dilihatnya dan dituangkan dalam bentuk tulisan/laporan agar bermanfaat khususnya bagi para pembacanya. Dan kami harapkan semoga dengan membuat Laporan ini, dapat meningkatkan mutu pendidikan yang Produktif dan Inovatif.

.

v Manfaat
a. Menambah pengalaman siswa tentang daerah-daerah diluar sekolah.
 
b. Mengukur kemampuan siswa saat belajar di luar sekolah.
c. Melatih siswa untuk dapat menyimpulkan apa yang dilihatnya



HASIL KEGIATAN…


           
GEMPA BUMI DI PADANG
            Gempa Padang kali ini memiliki kedalaman 80 Km tetapi kekuatannya 7.6Mw (sangat kuat). Sehinggamenyebabkan skala goyangan di permukaan sebesar hingga MMI Skala VI-VII yang sangat merusak bangunan. Kekuaran ini mirip dengan kekuatan gempa Jogja yang beruba gempa dangkal walaupun relatif lebih lemah.
Getaran gempa Padang akhir September 2009 kali ini terasa hingga di Singapore dan bahkan Kuala Lumpur. Mirip dengan gempa bengkulu yang dengan kekuatan 8.4 SR dua tahun lalu.
Gambar di atas ini memperlihatkan peta-peta yang membandingkan bagaimana getaran-getaran gempa ini menyebar di daratan. Gempa Bengkulu sebenarnya menyebar tetapi karena ini menggambarkan daratan maka getaran di pusat gempa (episenter) tidak digambarkan. Terlihat gempa Padang dan gempa Bengkulu memiliki kedalaman 30 Km. Sedangkan gempa Jogja hanya pada kedalaman 17.1 Km, sangat dangkal sekali. Energi gempa di Jogja ini terlihat terpusat. Lihat skala pembanding masing-masing peta ini tidaklah sama. Sehingga sangat terlihat bahwa getaran gempa jogja sangat terpusat pada tempat yang sangat sempit. Hal ini juga merupakan hal yang unik bagi ahli gempa seperti kata Pak Irwan yang menunjukkan bahwa lamanya gempa jogja yang hanya M6.3 ini dapat terekam hingga hampir 1 menit goyangannya, padahal biasanya gempa sebesar itu hanya terasa selama 20-30 detik saja.
Jadi kita harus sudah mulai bisa memprediksi seberapa besar kerusakannya hanya dengan melihat lokasi gempa, besarnya gempa dan kedalaman gempa.
Salam prihatin dan tetap WASPADA !

KESIMPULAN…
Kesimpulannya yaitu alam itu bisa bersahabat dengan kita,tapi alam juga bisa marah kalau diganggu…misalnya : menebang pohon secara liar.dll itu semua pasti ulah manusia…seperti yang terjadi padang sebuah gempa yang menghancurkan berapuluh manusia meninggal..dan menyebabkan tsunami.itu peringatan allah bagi manusia.



LAMPIRAN…
1.      DAFTAR ANGGARAN
a.       Rp.100000 untuk biaya pemberangkatan ke PT.POS Indonesia b.lampung
b.      Rp.3000     untuk biaya pengetikan
2.      SURAT IZIN KEGIATAN

Kepala sekolah                                                            ketua pimpinan PT.POS Indonesia
My Signature-2.pngE73E80606704510BD994AAD8A1BC5597.pngMengetahui.                                                                      Mengetahui…

                                                                                                 






Presiden indonesia..
ttd.gifMengetahui...
                                                    







NAMA KELOMPOK 1 : 1.RONAL PRADANA
KELAS IX B                    2.YACUB INALDI
                                          3.ARIF NUGROHO
                                          4.ALDO FEBI SETIAWAN
                                          5.RIKI ANGGARA






Laporan ini dibuat dengan sesungguh-sungguhnya…………………

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Feedjit

Follow by Email